Sabtu, 12 Mei 2018

Palapa Ring Timur, Kabel Optik Bawah Laut 2018

Palapa Ring Timur, Kabel Optik Bawah Laut 2018

Palapa Ring Timur, Kabel Optik Bawah Laut 2018
Palapa Ring Timur, Kabel Optik Bawah Laut | Penggelaran Kabel serat optik bawah laut oleh PT Pala Timur Telematika (PTT) resmi di mulai yang akan dipakai untuk kebutuhan utama akses internet dan telekomunikasi di Indonesia Kawasan Timur. Serat Kabel Optik dengan kapasitas bandwidth 80 Gbps siap dilaksanakan pada tahun 2018.

Penggelaran Kabel optik bawah laut ini sudah mulai dilaksanakan dengan segmen pertama yang membentang sepanjang 109 kilometer dari Bintuni menuju Tangguh, Papua Barat. Diperkirakan pengerjaannya akan berlangsung selama kurang lebih 25 hari.

Jarak Perencanaan Proyek Palapa Ring Timur ini mencapai sekitar 4.500 Kilometer dengan bantuan kapal Nostag 10 untuk laut dangkal, kapal pasific guardian dan kapal teliri untuk laut dalam. Penggunaan kapal Nostag 10 ini meliputi Teminambuan, Sorong selatan, Timika, Agats, hingga kepi dengan total kabel sekitar 743,9 Km.

Di lanjut dengan kapal pasific guardian yang mengerjakan 1620,4 kilometer meliputi Waingapu - Sabu - Baa - Kupang - Alor - Wetar - Tiakur - Saumlaki - Tual - Dobo. Dan yang terakhir kapal Teliri akan mengerjakan segmen dari Manokwari - Numfor - Sorendiweri - Biak - Seruwi - Botawa - Nabire - Raisiei - Ransiki - Tiakur - Saumlaki - Dobo - Timika dengan total kabel yang akan di gelar sepanjang 1950,2 kilometer.

Menurut Benyamin Sembiring selaku GM Project Implementation PTT, Proyek yang memiliki total nilai proyek sebesar Rp 5,1 Trikiun ini proses pengerjaan Palapa Ring Timur sudah sampung sekitar 50 persen dari rencana, dan akan ditargetkan selesai pada bulan September atau OKtober tahun 2018 ini.

Dengan adanya Pala Ring Timur ini diharapkan dapat mewujudkan tulang penggung telekomunikasi berbasis serat optik di berbagai daerah terpencil dan terluar di Indonesia sehingga semua rakyat Indonesia mendapatkan fasilitas yang sama baik di Bagian Barat, Tengan, dan Timur wilayah Kesautuan Negara Republik Indonesia,

Demikianlah Info dari Blog Mang Otep tentang Palapa Ring Timur, Kabel Optik Bawah Laut 2018 ini, semoga bermanfaat untuk anda. Jika menyukai artikel ini jangan lupa anda bisa like, share, and subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru lainnya langsung dari email anda.


Disana Gunung Disini Gunung, Ditengahnya Pulau Jawa
Kamu Bingung Infonya Nanggung, Mending Visit Blog Mang Otep Aja

Load comments