Kamis, 17 Mei 2018

Pengertian HTML, PHP, CSS, JQuery dan JavaScript Singkat

Pengertian HTML, PHP, CSS, JQuery dan JavaScript Singkat

Pengertian HTML, PHP, CSS, JQuery dan JavaScript Singkat
Dalam dunia internet pasti kalian pernah mendengar istilah HTML, PHP, CSS, JQuery dan JavaScript. Tahukan anda apa sih pengertian dari beberapa istilah tadi ? Khususnya kalau anda belajar tentang pemprograman mungkin di wajibkan untuk mengetahuinya, mamang akan mencoba menjelaskan sedikit dengan gaya bahasa mamang apa sih Pengertian dari HTML, PHP, CSS, JQuery dan JavaScript ? Mari kita belajar bersama.

HyperText Markup Language (HTML)

HTML adalah sebuah bahasa yang telah digunakan untuk membuat sebuah halaman website atau blog, dengan HTML informasi dalam sebuah penjelajah web dan oemformatan hiperteks dapat menghasilkan tampilan halaman web dengan format ASCII.

Sebelum adanya HTML sebagai standar untuk menampilkan halaman website dahulu ada istilah yang banyak di gunakan pada dunia percetakan dan penerbitan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), dan kemudian HTML dibuat menjadi standar internet untuk halaman web dan dikendalikan penggunannya oleh Word Wide Web Consostium (W3C).

Hypertext Preprocessor (PHP)

PHP adalah Bahasa skrip yang ditanamkan ke dalam HTML, PHP banyak sekali dipakai untuk memprogram website yang bertema dinamis, kebanyakan PHP juga digunakan untuk membangun sebuah CMS.

PHP dahulu adalah singkatan dari Personal Home Page (Situs Personal), selain karena bahasa pemprograman yang lengkap daripada yang lain penggunaan PHP juga dirasa dapat meningkatkan ekstensi dalam web tersebut senidiri.

Cascading Style Sheet (CSS)

CSS merupakan aturan yang mengendalikan bermacam - macam komponen dalam sebuah website atau blog sehingga menjadikan lebih terstruktur dan seragam. Tidak seperti PHP dan HTML, CSS bukan merupakan bahasa pemprograman.

Selayaknya Style dalam Microsoft Word, CSS merupakan pengaturan beberapa style dan desain seperti image, bodytest, color, border, dan masih banyak lagi dalam sebuah HTML dan XHTML. CSS dapat mengatur ukuran gambar (image), Spasi paragraf dalam website, dan masih banyak lagi desain yang lain.

JQuery

JQuery merupakan sebuah perpustakaan dari Javascript yang sangat ringkas dan sederhana untuk memanipulasi komponen tersebut yang akan dimasukkan kedalam dokumen HTML, menangani event, animasi bergerak, egek dan memproses interaksi ajax.

JavaScript (JS)

Yang terakhir adalah Javascript, merupakan bahasa pemrograman web yang bersifat Client Side Programming Language. Client Side Programming Language adalah tipe bahasa pemrograman yang pemrosesannya dilakukan oleh client. Aplikasi client yang dimaksud merujuk kepada web browser.

Javascript juga adalah bahasa skrip yang sangat populer di internet yang dapat bekerja dengan maksimal dalam penjelajahan web browser yang populer seperti Netscape, Opera, Mozilla, Google Chrome, dan juga Internet Explorer.


Nah demikianlah sedikit pemahaman dan pengertian dari HTML, PHP, CSS, JQuery dan JavaScript yang singkat tadi, semoga bermanfaat untuk anda dari Blog Mang Otep juga mengucapkan maaf jika pemahaman masih belum benar karena mamang juga masih perlu belajar.

Jika menyukai artikel dari Blog Mang Otep ini kalian bisa like, share, and subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru dari blog mamang ini langsung dari email anda.

Disana Gunung Disini Gunung, Ditengahnya Pulau Jawa
Kamu Bingung Infonya Nanggung, Mending Visit Blog Mang Otep Aja

Load comments