Cara Menggunakan Ubersuggest Terbaru dengan Benar

Cara Menggunakan Ubersuggest Terbaru dengan Benar

Diposting pada

Blog Mang Otep – Untuk anda para blogger sejati pasti sudah mengenal situs Ubersuggest, ini adalah situs untuk riset keyword artikel. Cara menggunakan Ubersuggest sebenarnya tidaklah sulit, anda hanya perlu pengembangan ide untuk penulisan artikel yang akan di buat. Bagi pemula seperti saya cara ini efektif dan berguna sekali untuk mengembangkan sebuah artikel.

Pada kesempatan kali ini mang otep akan berusaha menjabarkan bagaimana cara menggunakan ubersuggest dengan benar di tampilan terbaru situs website ubersuggest. Oh iya perlu di ingat kembali, situs ini 100% persen gratis dengan fitur yang sangat luar biasa. Mari kita sama-sama belajar step by step mengenai fitur-fitur apa saja yang bisa anda manfaatkan di ubersuggest.

Memikirkan Kata Kunci

Sebelum anda akan menggunakan situs ubersuggest sebagai tempat riset kata kunci (keyword), pastikan anda mempunyai satu pemikiran tema artikel yang akan di bahas. Di sini mang otep akan mencontohkan secara random tapi tidak melenceng jauh dari maksud artikel ini.

Saya akan mengambil tema artikel yang akan membahas tentang “Tempat Nongkrong”. Kemudian ketikkan tema kata kunci tersebut ke situs ubersuggest, anda bisa mengakses situs ubersuggest disini : Ubersuggest’s Free Keyword Tool, Generate More Suggestions.

Membaca dan Menggunakan Ubersuggest

Anda akan menemukan halaman dengan gambar seperti di bawah, kemudian anda ketikkan tema yang ingin di bahas (keyword target) dan juga area penargetan konten artikel anda. Jika anda ingin international biarkan saja ubersuggest mengambil “amerika” atau jika ingin Nasional maka ganti menggunakan “Indonesia”. Karena kata kunci saya menggunakan bahasa nasional (lokal) maka saja pilih indonesia untuk wilayah target kata kunci.

Oh iya hampir lupa saya kasih tahu, jangan lupa untuk login terlebih dahulu ya menggunakan akun anda. Dengan login anda bisa melihat kata kunci yang relevan lebih banyak dari sebelum anda login.

Gambar 1 Tampilan awal Ubersuggest

Kemudian anda akan melihat halaman yang menunjukkan search volume, SEO difficulty, Paid difficulty, CPC dan grafik visitor dengan penggunaan mobile atau dekstop yang mencari kata kunci tersebut. Kira-kira gambar nya seperti di bawah ini:

Gambar 2 Hasil Pencarian kata kunci ubersuggest

Penjelasan mengenai item-item yang bersangkutan dengan kata kunci (keyword) yang ada pada Gambar 2 adalah sebagai berikut:

Search Volume adalah nilai rata-rata pencarian perbulan menggunakan kata kunci terkait, nilai ini di ambil dari rata-rata pencarian yang dilakukan dalam waktu 12 bulan (1 tahun) dan grafik menunjukkan rata-rata nilai tersebut.

SEO Difficulty adalah nilai persaingan didalam search engine google dengan skala 1 sampai 100. Pada nilai SEO akan di tentukan oleh beberapa faktor lain yang akan di bahas pada penjelasan di bawah nanti.

Paid Difficulty adalah nilai perbandingan kata kunci yang di target dengan pembayaran adsense setiap kali visitor datang mengunjungi blog anda.

Cost Per Click (CPC) adalah nilai mata uang (disini adalah rupiah karena di awal saya targetkan wilayah lokal “indonesia”) yang akan didapatkan setiap kali visitor meng-click iklan yang tayang di situs anda dengan sumber kata kunci terkait. Tentunya nilai ini tidak menjadi nilai tetap, bisa lebih tinggi atau juga bisa lebih rendah. Tergantung google lah mau bagaimana.

Grafik visitor adalah perbadingan untuk mengetahui apakah visitor anda berasal dari pengguna mobile (smartphone dan sejenisnya) atau dekstop (laptop, komputer, dan sejenisnya).

Kira-kira sampai di sini sudah paham kan ya? Gulirkan mouse anda ke bawah, disitu anda akan melihat keyword ideas dan juga dan juga content ideas. Coba kalian klik salah satu kata kunci di atas dan akan muncul sebuah gambar seperti ini:

Gambar 3 Keyword Ideas Ubersuggest

Keyword Ideas Ubersuggest

Dalam gambar 3 tersebut ada kolom keyword ideas dan keyword overview. Dalam kolom keyword ideas sudah saya jelaskan masing-masing item yang ada disana. Nah untuk kolom satu lagi terdapat istilah seperti ini Google Serp, Est Visitor, Links, DS, dan juga Social share. Untuk penjelasan item-item tersebut adalah seperti ini:

Gambar 4 Detail Keyword Ideas Ubersuggest

1. Google Serp

adalah berisi peringkat website halaman pertama sampai paling akhir di pencarian google, disana anda akan melihat saingan-saingan anda jika anda akan memakai kata kunci tersebut.

2. Eastimated Monthly Visit

Bagian ini menjelaskan perkiraan pengunjung dalam satu bulan yang menggunakan kata kunci dan datang ke website tersebut.

3. Links

Pada tabel ini berisi jumlah link masuk untuk blog anda dari blog lain, atau istilah lainnya mungkin sering kita kenal dengan backlink (maaf kalau salah).

4. Domain Score

Domain Score adalah penjelasan ukuran seberapa besar website tersebut di mata google, hal ini memiliki banyak faktor seperti backlink, DA, PA, dan lain lain. Skala yang diberikan adalah 1-100. Silahkan anda buka youtube.com (domain score dia adalah 100) itu artinya semakin besar angkat tersebut semakin kuat untuk di kalahkan.

5. Social Share

Yang terakhir adalah social share, ini menunjukkan angka seberapa banyak artikel tersebut di bagikan ke sosial media, semakin banyak semakin populer situs tersebut.

Content Ideas Ubersuggest

Dalam menu ini terdapat beberapa ide-ide yang di gunakan oleh orang lain (pesaing kita) dengan menempatkan kata kunci utama yaitu “Tempat Nongkrong”. Dari daftar tersebut anda bisa kreasikan kembali sehingga mendapatkan kata kunci baru atau kata kunci orisinil anda.

Gambar 5 Content Ideas Ubersuggest

Misalnya : Dalam daftar tersebut ada beberapa yang ingin anda kembangkan dari “7 Tempat Nongkrong Cantik Harga Mahasiswa di Surabaya” menjadi kaa kunci “Tempat Nongkrong di surabaya dengan budget kantong Mahasiswa” atau sejenis lainnya. Bisa anda kreasikan sendiri agar lebih enak di baca dan di atas hanya sekedar contoh saja.

Kesimpulan

Cara Menggunakan situs Ubersuggest untuk melakukan riset kata kunci sangatlah bermanfaat untuk artikel anda. Selain dapat mengembangkan kata kunci utama anda juga bisa mendapatkan kata kunci turunan yang berasal dari kata kunci utama.

Penggunaan ubesuggest sebagai tools tidaklah 100% akurat dan tidak menjamin anda akan selalu di posisi paling atas pencarian google, ini kembali lagi bagaimana anda mencari celah dari sekian banyak kata kunci yang di sediakan. Point penting dalam ubesuggest jika di rangkum adalah sebagai berikut:

1. Carilah kata kunci dengan persaingan rendah dan volume pencarian tinggi. Caranya? Sudah di jelaskan dari faktor-faktor yang sangat mempengaruhi di atas dan kembali bagaimana anda mendapatkan celah tersebut.

2. Carilah kata kunci yang sudah kuat dan satu topik dalam blog anda, ini dimaksud agar kata kunci yang sudah terserap pada blog anda bisa dimaksimalkan dengan baik.

3. Hindari mencari kata kunci dengan kotak jawaban langsung dari situs besar seperti wikipedia, support google, dan lain lain. Anda tidak akan mendapatkan celah dari situ, jika bisa anda akan menunggu lama untuk mendapatkannya.

4. Ubersuggest hanya dapat membantu dalam melihat saingan anda di luar artikel (off-page) maka kembali kepada seberapa berguna artikel anda untuk visitor dan seberapa bagus anda memaksimalkan artikel tersebut (on-page) Demikan lah sedikit gambaran tentang bagaimana cara menggunakan ubersuggest dengan baik dan benar.

Penutup

Jika ada tambahan silahkan tinggalkan masukan dan saran di kolom komentar di bawah dan akan saya masukkan kedalam artikel ini. Untuk Tools rekomendasi pencari kata kunci lainnya anda bisa baca artikel Riset Keyword Tools Gratis dan Terbaik

Dan jika anda menyukai artikel ini, anda bisa share ke teman dan sosial media agar ilmu yang anda dapatkan bisa bermanfaat untuk orang lain juga. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *