Cara Optimalisasi Kualitas Backlink

Cara Meningkatkan dan Optimalisasi Kualitas Backlink

Diposting pada

Bagaimana cara Optimalisasi Kualitas BACKLINK itu? Cara ini di berikan untuk Meningkatkan kualitas backlink Blog atau Website anda secara perlahan dan juga bertahap. Backlink yang akan kita rasakan memang tidaklah instant, harus sabar dan membutuhkan waktu yang lama.

Backlink adalah sebuah link (tautan) dari website atau blog lain yang mengarah ke blog anda. Backlink memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan rangking sebuah blog di halaman mesin pencari.

Backlink sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow. Apa perbedaannya? mungkin anda bisa baca tabel di bawah ini:

BACKLINK DOFOLLOWBACKLINK NOFOLLOW
Memiliki peranan yang lebih besar dalam menentukan rank blog di mesin pencari, umumnya direkomendasikan pemilik blog dalam artikel, dan tidak ada artibut “rel=nofollow”.Menggunakan artibut “rel=nofollow”.
Didapatkan dengan cara tukar link dengan blogger lain. Backlink tersebut bisa berada di navigasi blog maupun di artikel blog.Didapat dari share ke sosial media, submit ke sosial bookmark dan komentar blog.

Meski demikian kedua jenis backlink tersebut sangat dibutuhkan oleh sebuah blog. Maka dari itu sebaiknya anda mengoptimalkan kedua jenis backlink tersebut. Untuk mengoptimalkan kedua jenis backlink tadi sebaiknya anda membuat konten yang berkualitas dan mengundang backlink.

Dengan membuat konten yang berkualitas dan mengudang backlink untuk blog anda, maka blog anda akan lebih mudah mendapatkan backlink baik dofollow maupun nofollow, jadi pastikan anda membuat optimasi terbaik untuk backlink anda.

Cara Optimalisasi Kualitas Backlink

Untuk membantu anda membuat konten yang mengundang backlink. Berikut Kita sampaikan jenis konten yang mengundang backlink. Untuk check backlink anda sekarang anda bisa kunjungi DA dan PA Checker

1. Kebanggaan Sebuah identitas

Konten pertama yang sangat cepat mengundang backlink adalah konten yang mengangkat identitas sebuah kelompok. Konten jenis ini sangat banyak mendapatkan share ke sosial media. Mereka yang bangga atas identitas tersebut secara suka rela akan menshare artikel anda ke akun sosial medianya.

Dengan demikian anda mendapatkan backlink dari sosial media (nofollow). Oleh karena itu jika anda ingin mendapatkan banyak backlink dari sosial media (nofollow) maka buatlah konten yang mengangkat identitas sebuah kelompok.

Setelah anda membuat konten tersebut, beritahu mereka tentang konten di blog anda. Anda juga bisa memberitahu mereka dengan cara menshare artikel anda ke grup dimana mereka berkumpul.

Mereka yang mengetahui artikel anda dan bangga atas identitasnya, akan secara suka rela akan membagikan artikel/konten di blogmu.

2. Menjadi Sumber Referensi

Konten jenis ini adalah konten yang membantu orang lain menjelaskan tentang suatu hal. Konten jenis ini banyak mendapat backlink dari blogger lain karena membantu mereka menjelaskan isi dari artikel yang sedang mereka bahas di blognya.

Menulis sebuah informasi yang telah dijadikan referensi oleh pihak lain, akan terbaca dan terdeteksi oleh google dan mau tidak mau mereka akan memberikan backlink secara tidak langsung.

Dan lalu ketika artikel atau konten anda direkomendasikan oleh blogger lain maka anda akan mendapatkan backlink.

3. Menyajikan Data Terpercaya

Cara Optimalisasi Kualitas Backlink yang kedua adalah data terpercaya, konten atau artikel jenis ini adalah konten yang berisi data-data terpercaya. Dengan membuat konten atau artikel yang berisi data-data terpercaya akan mengundang backlink untuk blog. Konten jenis ini banyak di kutip oleh blogger lain ketika mereka membuat artikel untuk blognya.

Saat mengutip data dari blog anda, mereka akan mencantumkan link menuju blog anda. hal ini untuk sinkronisasi data yang mereka tulis dengan data di blog anda. Dengan demikian blog anda mendapat backlink dari mereka yang mengutip data dari blog anda. Lalu bagaimana membuat atau mendapatkan data tersebut?

Berikut beberapa cara yang paling mudah untuk mendapatkan data.

  1. Lakukan survei online dengan Google forms, lalu sebarkan ke komunitas online.
  2. Lakukan analisa terhadap sesuatu di blog anda atau di sosial media. Contohnya anda menganalisa berapa banyak akun twitter yang memiliki follower lebih dari satu juta pada tahun 2019.

Membuat konten yang mengundang backlink memang tidak mudah. Jika anda ingin membuat konten yang mengudang backlink. Cobalah buat 3 jenis konten di atas untuk blog anda.

Tidak semua isi blog anda harus berisi konten yang mengundang backlink. Minimimal ada satu saja, karena dengan adanya konten yang mengundang backlink untuk blog , anda dapat mengoptimalkan backlink untuk blog.

backlink mangotep.com

Selain dengan membuat konten yang mengundang backlink. Anda juga bisa mengoptimalkan backlink untuk blog dengan cara menjadi penulis tamu dan membuat karya kolaborasi dengan blogger terkenal.

Jika anda ingin menjadi penulis tamu atau membuat karya kolaborasi dengan blogger berperngaruh dan terkenal Blogger. Namun masih bingung menemukan mereka? anda bisa mencari blog yang membuka slot untuk penulis tamu di group Komunitas Blogger.

Anda juga dapat mengoptimalkan backlink untuk blog anda dengan cara blogwalking, submit ke sosial bookmark, share ke sosial media dan mengisi buku tamu. Dengan mengoptimalkan backlink blog anda. Cepat atau lambat artikel atau konten di blog anda bisa masuk halaman pertama mesin pencari.

Demikianlah sedikit bahan bacaan untuk belajar bersama dari Blog Mang Otep untuk artikel Cara Optimalisasi Kualitas Backlink, Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *