Macam Macam Kekuasan Negara, Indonesia Ada di Posisi Yang Mana

Macam Macam Kekuasaan Negara, Indonesia Ada di Posisi Yang Mana ?

Diposting pada

Macam Macam Kekuasaan Negara – Dalam bernegara kita seharusnya sedikit mengerti apa itu kekuasaan negara ? Terlebih lagi Indonesia memiliki banyak suku dan budaya yang tersebar luas di Pulau-pulau dari sabang sampai maraoke.

Secara sederhana Kekuasaan sendiri di artikan sebagai kemampuan seseorang dalam mempengruhi orang lain agar dapat melakukan tindakan-tindakan yang di kehendaki atau di perintahkan.

Sedangkan konsep Kekuasaan negara merupakan kewenangan negara dalam mengatur seluruh rakyat untuk mencapai tujuan keadilan, kemakmuran, dan keteraturan yang berdasarkan pada konsep suatu negara.

Macam Macam Kekuasaan Negara

Menurut yang di tulis Astim riyanto dalam bukunya yang berjudul “Negara Kesatuan; Konsep, Asas, dan Aplikasinya (2006:273)” yang dikutip dari John Locke. Kekuasaan Negara dapat terbagi menjadi 3 macam, yaitu:

  1. Kekuasaan legislatif: yaitu kekuasaan untuk membuat atau membentuk undang-undang
  2. Kekuasaan eksekutif: yaitu kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang, termasuk kekuasaan untuk mengadili setiap pelanggaran terhadap undangundang
  3. Kekuasaan federatif: yaitu kekuasaan untuk melaksanakan hubungan luar negeri.

Selain itu ada tokoh lain yang berpendapat tentang ini yaitu Montesquieu yang kemudian di kutip kembali dalam buku yang sama oleh Astim riyanto adalah sebagai berikut:

  1. Kekuasaan legislatif: yaitu kekuasaan untuk membuat atau membentuk undang-undang
  2. Kekuasaan eksekutif: yaitu kekuasaan untuk melaksanakan undang-undang
  3. Kekuasaan yudikatif: yaitu kekuasaan untuk mempertahankan undangundang, termasuk kekuasaan untuk mengadili setiap pelanggaran terhadap undang-undang.

Kekuasaan Negara Indonesia

Setelah memahami dan menganalisa dari pendapat yang telah di kemukaan oleh Montesquieu yang di anggap sebagai penyempurnaan dari pendapat John Locke. Kekuasaan federatif oleh Montesquieu dimasukan ke dalam kekuasaan eksekutif dan fungsi mengadili dijadikan kekuasaan yang berdiri sendiri.

Ketiga kekuasaan tersebut dilaksanakan oleh lembaga-lembaga yang berbeda dan sifatnya terpisah. Oleh karena itu teori Montesquieu ini dinamakan dengan Trias Politica.

Teori ini adalah salah satu teori yang paling mendekati dalam tata negara kekuasaan negara indonesia, karena pada dasarnya lembaga-lembaga di Indonesia mendapatkan peran masing-masing dan tentu saja berpedoman pada UUD dan juga Pancasila.

Penutup

Jadi menurut anda pribadi, apakah negara Indonesia masuk dalam beberapa konsep di atas ? atau menggunakan beberapa konsep adaptasi dari kekuasaan negara yang lainnya ? Silahkan tulis di komentar ya.

Demikianlah informasi tentang penjelasan apa itu Kekuasaan negara, Macam Macam nya, dan Bentuk Kekuasaan di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Jika anda menyukai artikel ini bisa langsung share ke sosial media anda untuk pengetahuan yang lebih banyak. Dan juga bisa subscribe Blog Mang Otep untuk mendapatkan informasi dari artikel terbaru blog ini langsung dari email anda. Sekian dan Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *