TUTORIAL LENGKAP Menempatkan Kata Kunci di Artikel

TUTORIAL: Menempatkan Kata Kunci di Artikel Blog

Diposting pada

Cara Menempatkan Kata Kunci sudah di bahas pada Artikel sebelumnya, ini adalah rangkuman dari dua artikel saya yang sudah dipublish tahun 2018 yang lalu. Kini saya rangkum agar bisa dibaca dengan nyaman oleh para pengunjung.

Penempatan Kata Kunci (Keyword) pada sebuah artikel – Saat Memposting sebuah artikel alangkah lebih baik untuk meletakan Kata Kunci (Keyword) pada badan artikel di beberapa tempat. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah daya gedor SEO On – Page pada artikel tersebut.

Cara Menempatkan Kata Kunci di Artikel

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, silahkan anda baca hingga selesai daftarnya di bawah ini.

1. Memasang Kata Kunci Pada Judul Postingan.

Judul adalah tempat paling utama untuk menempatkan kata kunci, ini tidak boleh diabaikan untuk para blogger sekalian. Buatlah Judul dengan kata Kunci yang relevan dan juga usahakan untuk meletakan pada awal kalimat judul postingan.

Dalam pembuatan judul itu sendiri sebenarnya ada beberapa aturan yang harus kita ketahui bersama terlebih dahulu sebagai berikut :

  • Usahakan tidak membuat kata kunci sama dengan judul
  • Gunakan Kata kunci 3 sampai 7 Suku kata
  • Jangan membuat judul yang sama dalam 1 blog, itu akan memberikan dampak duplicate konten oleh google dan tidak baik dalam mesin pencari.
  • Judul harus sesuai dengan isi artikel.

2. Meletakan Keyword pada bagian URL artikel

Penulisan URL sering kali kita abaikan dalam pembuatan postingan, padahal URL sangatlah penting dalam mesin pencari. Usahakanlah menggunakan URL yang mengandung kata kunci dan sependek mungkin sehingga mudah di ingat.

Contoh OKeh
Judul Artikel : Cara Membuat Nasi Goreng yang Enak
URL : www.mangotep.com/2018/05/membuat-nasi-goreng.html

Contoh Non-OKeh
Judul Artikel : Cara Membuat Nasi Goreng yang Enak
URL : www.mangotep.com/2018/05/cara-membuat-nasi-goreng-yang.html

3. Penyebaran Kata Kunci dalam paragraf dalam artikel.

Untuk memperkuat Kata Kunci kalian sebaiknya dapat menyebarkan secara merata dan tidak menumpuk dalam satu paragraf saja. Penyebaran ini ditujukan agar tidak terkena “Keyword Spamming” atau “Stuffing Keyword”.

Untuk penyebaran yang baik pula disini ada beberapa tips untuk penggunaan penyebaran kata kunci yang baik dan lebih mudah dilakukan yaitu :

  1. Siapkan long tail Keyword sebanyak mungkin contoh : “yang Enak” “Yang Renyah” “Gampang” dalam kata kunci “Membuat Nasi Goreng”.
  2. Carilah beberapa persamaan kata untuk kata kunci yang anda gunakan.
  3. Hitung jumlah kata kunci yang anda letakan dalam artikel, sebaiknya berbanding sekitar 5% dari jumlah keseluruhan postingan.

4. Menggunakan Internal Link Untuk Menulis Kata Kunci

Selain untuk keyword yang optimal dengan penggunaan link sebagai dasar kata kunci yang akan ditulis dapat juga menguranginefek bounce rate yang tinggi pada artikel blog tersebut.

Penggunaan internal link bisa anda tujukan ke halaman label artikel, home page, ataupun artikel yang berkaitan dengan topik postingan yang akan anda bahas nantinya.

5. Menggunakan Tag Heading Untuk Menempatkan Kata Kunci

Penggunaan Tag Heading untuk kata kunci yang baik adalah dengan mengkombinasikan subheading dan minor heading pada artikel yang akan ditulis.

Ada beberapa peraturan yang menunjukkan penggunaan tag heading sebaiknya adalah sebgai berikut ini :

  1. Tag H1 Wajib ada dan hanya diperbolehkan 1 (satu) saja.
  2. Tag H2 dan H3 untuk setiap halaman maksimal sampai 8,
  3. Untuk H4 – sampai akhir bisa diperbanyak lebih dari aturan di atas.
  4. Jangan Gunakan pengulangan kata pada Tag Heading

6. Menempatkan Kata Kunci Pada Bagian Title, Alt, Dan Judul Gambar.

Pada sebuah artikel tentunya kalian akan memasukan sebuah gambar atau lebih. Sebaiknya dalam pengunggahan gambar ini disertai dengan Alt, title, dan judul pada gambar tersebut.

Teknik ini juga sangat di percaya dapat menambah SEO pada artikel yang akan anda buat. Bila anda tidak menambahkan ketiga atribut tersebut, makan google akan memanggil kalimat secara random pada bagian postingan anda dan bisa saja tidak termasuk kedalam kata kunci yang di maksudkan.

7. Tempatkan Juga Kata Kunci Didalam Meta Description.

Poin yang terakhir adalah penggunaan Meta Description pada sebuah artikel. Dilakukan untuk memfokuskan satu kalimat yang akan ada pada google search atau sosial media saat membagikan artikel anda.

Kolom meta description untuk blogger dapat anda masukan kedalam kotak yang terdapat pada bagian kanan postingan yang menyatu dengan label, geo tag, url artikel, dan pengaturan. Kelola bagian ini sebaik mungkin agar google bisa mengetahui dengan jelas artikel anda tertuju kemana.

Ke 7 poin ini lah yang di rasa mamang sangat penting, semoga bisa membantu anda dalam dunia blogging. Jika ada tambahan lain bisa di satukan kedalam kolom komentar di bawah untuk diskusi bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *